Categories
Berita

Mari Belajar, Cara Mencangkok Pohon Mangga Agar Berbuah Banyak

Jasa Interior Untuk Ruangan – Tahukah Anda bahwa ternyata di daerah beriklim sedang, buah mangga lebih sulit untuk dipelihara dan biasanya menghasilkan lebih sedikit buah.

Meskipun ada beberapa cara untuk menanam mangga dengan sukses, okulasi lebih disukai oleh beberapa tukang kebun, berkat kemampuan tanaman untuk mentransmisikan genetika pohon yang ada ke pohon muda yang baru.

Baca Juga: Pengertian Kaca Tempered

Cara ini membantu untuk melanjutkan pertumbuhan yang sehat dan menghilangkan kemungkinan perbedaan genetik yang berpotensi negatif. Proses mencangkok mangga membutuhkan sedikit keterampilan berkebun.

Mari Belajar, 6 langkah Cara Mencangkok Pohon Mangga Agar Berbuah Banyak

Dan ada baiknya Anda perhatikan cara mencangkok pohon manga berikut ini untuk memperoleh hasil yang maksimal agar buahnya banyak dalam beberapa langkah, berikut ulasannya.

  • Langkah 1

Cara mencangkok pohon mangga langkah pertama adalah gunakan batang mangga bawah yang bagus dengan cara menumbuhan batang bawah menggunakan biji pohon mangga yang bagus. Siram dan pupuk benih sampai pertumbuhan terjadi. Biarkan batang bibit baru tumbuh dengan ketebalan sekitar 3/8 hingga 1 inci.

Jika bibit berwarna hijau, tanpa busuk atau penyakit, dan menghasilkan daun dan kuncup yang sehat, akan bermanfaat sebagai batang bawah. Usia yang tepat untuk batang bawah biasanya antara 6 bulan dan 1 tahun.

  • Langkah 2

Cara mencangkok pohon mangga langkah selanjutnya adalah dengan potong batang bawah sekitar 4 inci di atas tanah menggunakan sepasang gunting pemangkasan yang sangat tajam atau pisau okulasi.

Kemudian buat potongan rata, dan hindari kerusakan pada batang di bawah potongan. Gunakan pisau okulasi Anda untuk membelah batang yang tersisa menjadi dua dari atas ke bawah sekitar 1 inci di atas permukaan tanah.

Baca Juga: kualitas interior terbaik

  • Langkah 3

Cara mencangkok pohon mangga langkah yang selanjutnya adalah temukan batang atas, atau pucuk pertumbuhan baru, pada pohon mangga yang ada. Batang atas harus diambil dari pohon yang sukses yang menghasilkan buah dan bunga berkualitas reguler.

Batang atas harus memiliki ketebalan yang sama dengan atau sedikit lebih kecil dari batang bawah yang akan dicangkokkan dan harus memiliki tunas segar dan daun yang sehat. Gunakan pisau okulasi Anda untuk memotong batang atas dari pohon, lalu potong kembali daun paling atas. Langkah selanjutnya penting untuk menyempurnakan cara mengcangkok pohon mangga ini.

  • Langkah 4

Kemudian Potong ujung terbuka batang atas 5-6 inci dalam bentuk irisan. Iris kulitnya di setiap sisi batang atas untuk membuat titik miring di tengahnya. Geser irisan batang atas ke slot yang telah Anda potong di batang bawah sehingga masing-masing potongan berbaris.

Gunakan selotip untuk membungkus batang bawah dengan erat ke batang atas sehingga semua menempel dengan kuat di tempatnya.

  • Langkah 5

Tempatkan kantong plastik di atas cangkokan baru dari atas ke bawah, dan ikat di bagian bawah. Kantong melindungi cangkok dari serangga dan hama dan memberikan efek rumah kaca mini dengan menaikkan suhu dan tingkat kelembaban. Jika cangkokan di bawah sinar matahari langsung, tutup kantong plastik dengan kantong kertas kedua untuk memberi sedikit naungan.

  • Langkah 6

Lepaskan kantung-kantung begitu pohon yang dicangkokkan mulai tumbuh, dan lepaskan selotip ketika pohon mulai menghasilkan daun baru. Sirami pohon cangkok seperti yang Anda lakukan pada anakan mangga biasa.

Sebagai tamabahan informasi. ada dua jenis benih yang berbeda di antara kultivar mangga. Mangga yang berasal dari dataran utara India, di Florida, Israel dan Afrika Selatan umumnya memiliki biji dengan embrio tunggal dan disebut monoembrionik.

Embrio tunggal adalah hasil dari penyerbukan silang, proses seksual, dan menggabungkan sifat-sifat orang tua laki-laki dan perempuan. Bibit mangga monoembrionik akan berbeda dari pohon induknya.

Mangga yang berasal dari Asia Tenggara umumnya memiliki biji dengan banyak embrio, dan disebut polyembryonic. Satu embrio berasal dari seksual, sedangkan embrio lainnya berasal dari jaringan ibu dan identik dengan pohon induk. Kultivar polyembryonic secara tradisional ditanam dari biji di banyak negara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *